MODUL 28 – 39 Daftar Cheklist Launching Produk

Catatan: Butuh 5 menit untuk membacanya. Siapkan mental.

[TIPS] Strategi launching yang tepat dapat membantu penjualan produk online maupun offline, apapun jualannya.
.
Daftar ceklis ini sangat berguna sebagai pola untuk yang berencana melaunching produknya pertama kali dan tentunya bisa diterapkan utk launching-launching produk kita berikutnya.
.
Saya sendiri belum menemukan formula khusus launching produk Mesin Kreativitas. Tapi 39 langkah yang dituliskan Chris Guillebeau inilah yang membantu Saya dan menjadi pedoman 4 kali Launching produk Mesin Kreativitas dan berhasil. Daftar ceklist ini ada di Buku The $100 Startup. Karena saya merasakan manfaatnya, maka Saya gak nahan untuk mensharenya juga 🙂. Disini Saya akan menuliskannya kembali. Semoga bermanfaat.
.
Sebelum mulai, perlu di ingat tidak semua 39 langkah launching ini sama persis untuk setiap produk. Nantinya Silakan disesuaikan, bisa ditambah atau kurang. Tanpa menunggu lama lagi…
.
Inilah 39 Langkah Daftar Ceklis Launching Product:

1. Pastikan produk atau layanan yang akan kita jual memiliki proposisi nilai yang jelas. Apa yang akan pembeli terima saat mereka menukarkan uangnya untuk tawaran kita?
2. Tetapkan bonus, insentif atau benefit untuk pembeli pertama. Bagaimana mereka akan diberi hadiah karena melakukan action tanpa nanti tanpa tapi?
3. Jangan lupa bahagia. Sudahkan kita menjadikan launching tersebut sesuatu yang menyenangkan. Apapun hasilnya nanti, Boom atau Krik Krik Krik..enjoy aja ya 🙂
4. Jika launching secara online, sudahkah kita membuat video atau pesan audio untuk melengkapi materi promosi iklannya?
5. Penasaran = Pemasaran. Sudahkah kita memupuk rasa penasaran tehadap launching tersebut? Apakah calon prospek merasa senang atau penasaran?
6. Pastikan kita membangun kemendesakan (bukan yg seolah-olah), karena memang launching dilakukan tepat.
7. Umumkan jam dan tanggal launching sebelumnya, lebih bagus buat event di Facebook sebagai reminder otomatis.
8. Baca lagi semua materi penjualan berulang kali, minta juga orang lain membacanya pula.
9. Periksa semua Link di tombol CTA (Call to Action), cek juga di komputer browser yg berbeda, bukan melalui komputer kita.
.
—-x tarik nafas dulu…
.
10 . Untuk produk online, apakah form registrasi pembelian sudah dikonfigurasi dengan metode pembayaran yang tersedia?
11. Uji tiap langkah proses pemesanan beberapa kali. Kapan saja kita mengubah variable harga, diskon, teks, dll, uji kembali.
12. Sudahkah kita mendaftarkan semua domain yang berhubungan dengan produk kita? Domain itu murah.
13. Apakah semua file sudah di upload dan ditempatkan dengan benar di member area?
14. Lihat halaman pemesanan dengan seksama apakah bermasalah atau perlu dikembangkan supaya mudah digunakan. Informasikan kepada beberapa orang utk menilainya apakah merepotkan atau cukup mudah?
15. Baca bagian-bagian penting sales page dan halaman pemesanan secara keras. Karena mungkin saja kita menemukan kesalahan atau kalimat yang tidak sempurna yang sempat terlewat saat kita hanya membacanya dikepala atau didalam hati.
16. Sudahkah kita membuat desain garfis yang istimewa untuk penawaran kita, termasuk desain promosi iklan yg dibutuhkan utk affiliate atau reseller?
.
—-x tentang DUITnya nih 😀
.
17. Tetapkan target yg ingin dicapai dari launching tersebut. Berapa banyak penjualan yang ingin dicapai, dan berapa penghasilan bersihnya?(bayangkan, seperti apa sih wujud sukses itu?)
18. Beri tahu affiliate/reseller besarnya komisi setiap penjualan yang dihasilkan.
19. Buat rencana cadangan untuk pembayaran.
20. Dapatkah kita menambahkan metode pembayaran lain untuk orang yang kesulitan melakukan pemesanan?
21. Untuk produk berharga mahal, dapatkah kita menawarkan rencana cicilan atau diskon pembayaran?
.
—-x Malam sebelum Launching
.
22. Hapus email yg gak berhubungan dgn launching kita atau buat email khusus utk penjualan launching produk tersebut saja. Matikan notifikasi yg gak berhubungan dgn launching, sehingga kita bisa fokus untuk hari besar launching besok. Deg-degan coy… 😀
23. Tulis atau siapkan email blast atau buat status yg keren utk audience, fans, dan subscriber atau affiliate 🙂
24. Siapkan artikel utk di post ke blog web dan beberapa sosial media yg mendukung.
25. Pasang alarm utk memastikan bahwa kita akan bangun lebih awal dari biasanya utk menyambut hari H launching ini. yeaaaa cemungudh.. 😀
.
—-x Keesokan paginya
.
26. Atur jam launching sehingga pas untuk audience kita, bukan kita. Setelah semua dipertimbangkan, waktu terbaik untuk melakukan launching biasanya adalah pagi hari 🙂
27. Cek lagi sales page sebelum di on air kan minimal 30 menit lebih awal untuk memastikan segalanya lancar. Sebaiknya kitalah yg menemukan masalah, bukan calon pembeli.
28. Ucapkan terima kasih secara personal kepada tiga atau lima orang pembeli pertama dan ajukan pertanyaan, “Apakah semua berjalan dengan baik selama proses pemesanan?” (Efek psikologisnya: para pembeli ini mungkin saja penggemar berat kita, sehingga mereka akan sangat menghargai sambutan pribadi dari kita) it’s work 😀
29. Idealnya Sebisa mungkin, segera kirim ucapan terima kasih pribadi ke setiap pembeli selain ucapan terima kasih otomatis.
.
—-x Promosi
.
30. Yang paling penting: mintalah bantuan friendlist kita untuk menginformasikan adanya launching besar produk kita. Mungkin tidak semua mau, tapi banyak koq yg mau membantu dengan menceritakannya kepada teman meraka atau followernya, tetapi kita harus MEMINTANYA. Jangan diem aja hehehe ^_^
31. Kirim pesan reminder kepada affiliate atau reseller tentang tawaran launching tersebut.
32. Kabari wartawan atau kontak media, jika memungkinkan aja sih. Apalagi kalo punya temen disitu uenaakk banget ya 😀
33. Kirim tulisan artikel ke Facebook, twiiter, G+, dan jejaring sosial lain yg kita ikuti.
.
—-x Follow Up
.
34. Rancang Tulisan ucapan terimakasih yg akan pembeli terima saat membeli
35. Jika perlu, tulis pesan pertama utk rangkaian email follow up yang akan diterima pembeli.
36. Susunan materi tambahan utk langkah selanjutnya dan rencanakan penjadwalannya setelah kita menyelesaikan launching, bisa webinar, meetup atau hanya sharing di grup.
.
—-x Berikan lebih
.
37. Rencanakan bagaimana kita dapat melampaui harapan dan mengejutkan pembeli dengan produk ini? Dapatkah kita menambahkan benefit lain yg tidak ada dalam iklan penawaran?
38. Adakah sesuatu yg istimewa yang dapat kita lakukan untuk berterima kasih kepada pembeli? (utk produk berharga mahal, kirim kaos kpd tiap pembeli 😀, utksesuatu yg lain telepon beberapa pembeli)
.
—-x Langkah Kedua Terakhir (ini yg paling Saya suka :D)
.
39. Celebrate. Jangan lupa merayakannya. Ini hari besar yg sudah kita siapkan cukup lama. Pergilah ke tempat favorit, nikmati kedamaian, beli sesuatu yg selama ini kita inginkan, atau lakukan sesuatu sebagai hadiah bagi diri kita sendiri. Kamu berhak memperolehnya koq 😀 ‪#‎eaaaaa‬
.
—-x
.
40. Mulailah berpikir tentang launching selanjutnya. Apa yang dapat kita kembangkan dari launching product sekarang? Pelajaran apa yang telah kita petik yang dapat membantu kita menciptakan sesuatu yang lebih baik setelah ini?

Pesan terakhir…
.
Tidak semua langkah cocok untuk launching kita masing-masing, tentu sangat boleh kita menambahkan langkah-langkah kita sendiri.

Semoga bermanfaat ^_^

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *