MATERI 1 PENGANTAR INSTAGRAM MARKETING

Tentang Instagram Marketing

Kenapa kita harus pake IG Marketing ?

Saat ini social media sudah menjadi media yang populer untuk promo produk/jasa, selain di website dan iklan baris. Nah salah satu social media yang populer  yaitu Facebook dan Instagram. Data hingga akhir Tahun 2016, terdapat hingga 25 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia. Jika kita punya akun dengan 1 juta follower yang memfollow akun kita, jumlah itu sudah sangat besar sekali.

Untuk sampai hingga 1 juta follower mungkin harus dipromosikan oleh akun-akun selegram agar sampe 1jt. namun dalam materi ini kita tidak akan bahas hal itu. kita akan bahas target follower yang lebih kecil dahulu, minimal 3000 follower. Jika target itu tercapai, InshaAllah target yang lebih besar akan lebih mudah tercapai.

Dikutip dari Tribunnew.com, ” Senior Director TNS Indonesia Hansal Savla menjabarkan beberapa data terkait fakta pengguna Instagram di Indonesia, Kamis (14/1/2016).

Menggunakan metode online survei, TNS menganalisis aktivitas dan behaviour 506 pengguna Instagram di Indonesia.

Menurut rangkuman datanya, jenjang usia paling aktif yang menggunakan Instagram adalah orang berusia 18 – 24 tahun.
Selain itu, diketahui pula bahwa mayoritas pengguna Instagram Indonesia berjenis kelamin perempuan.

Dari survei tersebut, TNS juga mendapatkan mayoritas pengguna Indonesia adalah individu yang mapan dan pernah mendapatkan pendidikan tinggi.

“Mungkin kalau pengguna medsos lain mayoritas penggunanya sekadar yang punya smartphone,” kata Savla, ditemui di Artotel, Jakarta Pusat.

“Tapi, pengguna Instagram di Indonesia justru kebanyakan datang dari kaum yang lebih mapan dan pernah menempati jenjang pendidikan tinggi.”

Tak hanya itu, oleh pengguna Indonesia, diketahui Instagram paling sering dipakai untuk berbagi foto bersama keluarga dan teman, ketimbang foto selfie.

———————————————————————————-

Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan Instagram untuk menunjang usaha kita?

Jelas sekali banyak, karena pasar sudah tersedia, kita tinggal memanfaatkannya. Pahami habit mereka dan kita lakukan promosi dengan strategi yang bisa digunakan.

Strategi yang bisa kita gunakan diantaranya :

1. Membuat akun Instagram yang memang menarik, mulai dr foto profile, bio profile akun, dan foto-fotonya pun harus membuat orang tertarik. Kita bisa melihat dan membedakan foto mana yang menarik dan tidak benar kan? karena di IG yang dijual adalah foto/ video.
2. ATM, amati tiru modif dari akun-akun yang ramai, akun yang laris, akun yang banyak followernya. Pelajari  isi bionya, bagaimana foto-fotonya, kapan saja mereka update, bagaimana videonya, dan contoh pola marketingnya.
3. Naikan jumlah follower
– Bisa pake paid promote
– Follow memfollow secara manual
– Follow memfollow pakai tools
– Beli follower
– Saling promo
– dll
4. Konsisten update
– Posting di jam ramai
– Ada promo ada sharing/ tips/ quote

 

PRAKTEK!

Agar lebih paham, teman-teman bisa praktek beberapa hal berikut :
1. Buat akun IG (jika belum ada)
2. Isi biografi di akun dengan baik, ada link ke line/ website/ kasih BBM/WA
3. Posting foto minimal 20-50 foto pertama dengan macam-macam varian,
4. Mulai tambah followernya

Selamat Mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *